Sunday, January 29, 2017

KEINDAHAN TANAH LOT BALI

Berbicara tentang Bali memang tidak lepas dari obyek wisata dan budaya yang terkenal sampai ke dunia internasional. Kalau sebelumnya saya pernah mengulas sedikit tentang pantai Kuta yang eksotis, Kali ini saya ingin berbagi informasi dan foto tentang Tanah Lot Bali.

Sedikit cerita tentang obyek Wisata Tanah Lot.
Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa, yaitu Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu, penguasa Tanah Lot yang bernama Bendesa Beraben merasa iri kepadanya karena para pengikutnya mulai pergi untuk mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben kemudian menyuruh Danghyang Nirartha meninggalkan Tanah Lot. Danghyang Nirartha menyanggupi, tetapi sebelumnya ia dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura di sana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhirnya disebutkan bahwa Bendesa Beraben menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

Obyek wisata Tanah Lot sendiri berada di Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Obyek wisata di Bali ini buka setiap hari dari jam 07.00 pagi sampai Jam 19.00 sore. Hampir setiap hari Tanah lot selalu dikunjungi para wisatawan domestik atau pun manca Negara. Para wisatawan yang datang akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan dan adrenalin ketika akan menyebrang ke Pura Tanah lot dan melihat sendiri sosok ular yang melegenda.

Selain bisa menikmati keindahan Tanah Lot, para wisatawan juga bisa melihat keindahan karang bolong di dekat lokasi Tanah Lot. Keindahan yang tersaji akan semakin lengkap dikala sunset. Jika kita search di google akan terlihat banyak sekali foto sunset yang terlihat begitu indah di lokasi ini. Keindahan sunset di Tanah lot dan Karang Bolong ini membuat saya juga mengabadikan beberapa foto dengan kamera jadul yang selalu menemani kemanapun saya pergi.







Peta Lokasi Tanah Lot Bali

0 komentar:

Post a Comment