Saturday, March 18, 2017

KAMPOENG JAZZ BERSAMA BEBEN JAZZ & FRIENDS

Hallo pencinta Kampoeng Jazz….!!!!
International Kampoeng Jazz adalah acara tahunan yang diadakan oleh Fakultas Hukum UNPAD Bandung. Acara ini sudah sangatlah harum namanya di blantika musik tanah air bahkan sampai ke luar negeri. Artis dan musisi yang mengisi acara ini pun merupakan artis dan musisi ternama dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Buat saya pribadi sebagai pencinta fotografi, saya bisa menikmati alunan musik sekaligus memotret. Saya merasa sangat antusias karena bisa mendapatkan foto-foto indah dengan tata cahaya yang sangat memukau.
Setelah sebelumnya sudah sempat saya share beberapa artis dan band yang sempat mengisi acara di Kampoeng Jazz, kali ini saya ingin bercerita sedikit tentang salah seorang aktifis jazz Indonesia bersama bandnya yang juga mengisi acara di Kampoeng Jazz yaitu Beben Jazz & Friends.

Beben Supendi Mulyana atau yang lebih akrab di sapa Beben Jazz lahir di Jakarta 2 Februari 1967. Beben Jazz merupakan seorang aktifis jazz sekaligus penyanyi dan gitaris jazz yang merupakan pendiri Komunitas Jazz Kemayoran atau KJK. Keseriusan dalam dunia jazz terlihat ketika seorang Beben memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai karyawan di salah satu bank swasta dan focus di dunia jazz. Total dalam dunia jazz bukan berarti seorang Beben Jazz berhenti belajar dari orang-orang yang dianggap senior di bidang jazz. Beben pernah belajar dengan Oele Pattiselano yang merupakan seorang gitaris swing ternama Indonesia, sempat menimba ilmu di gitar klasik di Vidi Vici Jakarta, mengikuti workshop gitaris internasional seperti Mike Stern, Frank Gambele, Katzumi Watanabe.

Selain mendirikan KJK, Beben juga membentuk sebuah event organizer “Beben Jazz Management” dimana Beben Jazz mengelola dan menghimpun para group dan pencinta jazz tanah air agar semakin matang dan tak jarang group-group band ini tampil di event-event jazz tanah air. Bukan Beben Jazz namanya kalau tidak berinovasi di musik jazz, Beben juga menjabat sebagai pemimpin redaksi sebuah majalah musik “Sound Up”, sebagai nara sumber di Trijaya FM yang membahasa mengenai musik jazz, sampai menjadi dosen di Universitas pelita harapan di fakultas seni.

Ditengah kesibukan yang bisa dibilang super padat, Beben Jazz juga sering mengadakan seminar atau workshop yang bertajuk jazz dimana Beben Jazz selalu berbagi pengalamannya dengan para pencinta jazz tanah air.

Selain sebagai pembicara di seminar yang diadakannya, Beben bersama group bandnya “Beben Jazz & Friends” selalu tampil di event-event jazz Indonesia seperti Java Jazz, Jak Jazz, Bali Jazz Festival, Jazz goes to Campus, Pasar jazz GKJ, termasuk International Kampoeng jazz yang diadakan oleh Fakultas Hukum UNPAD Bandung.


Keramahan dan suka berbagi cerita terlihat ketika saya berkesempatan betemu langsung dan ngobrol dengan Beben Jazz yang sewaktu menghadiri press conference acara International Kampoeng jazz di Ball room hotel Sheraton Bandung. Saya pun sempat berfoto bersama dan mengabadikan beberpa foto ketika Beben Jazz & Friends tampil di acara International kampoeng jazz yang bertempat di kampus UNPAD Bandung. 













  

0 komentar:

Post a Comment