Wednesday, January 4, 2017

TEROPONG BINTANG BOSSCHA DI BANDUNG

Bosscha adalah salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia yang berlokasi di jalan peneropong bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Gedung ini mulai dibangun tahun 1923 oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda. Bosscha sendiri menjadi bagian dari Institut Teknologi Bandung atau ITB pada tahun 1959 dan dijadikan sebagai lembaga pendidikan dan penelitian formal astronomi di Indonesia.
Di Bosscha terdapat lima teleskop besar
1.   Teleskop Refraktor Ganda Zeiss
2.   Teleskop Schmidt Bamberg
3.   Teleskop Cassegrain GOTO
4.   Teleskop Refraktor Unitron
5.   Teleskop Surya
6.   Teleskop Radio 2,3m
Buat yang mau berkunjung ke Bosscha, berikut jadwal kunjungannya
Kunjungan Siang 
Di program ini, pengunjung dapat melihat cara kerja teleskop Zeiss (tidak meneropong) dan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia. Pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya Rp. 15.000/orang.
Kunjungan Malam
Di program ini, jika langit cerah (tidak mendung/hujan/berkabut) pengunjung dapat melihat cara kerja teleskop Zeiss (tidak meneropong), mendapat informasi astronomi di ruang multimedia dan meneropong langsung dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg. Jika cuaca tidak mendukung, acara tetap berjalan tanpa peneropongan. Pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya Rp. 20.000/orang. Program kunjungan malam hanya dibuka beberapa malam di musim kemarau (periode April sampai Oktober).
Untuk informasi lengkap mengenai cara pendaftaran dan proses pembayaran serta persyaratan dan aturan berkunjung, silahkan langsung menghubungi FMIPA Institut Teknologi Bandung No Telp./Fax.:  +62-22-2786001 pada hari kerja (senin-jumat).
Berikut beberapa foto gedung Bosscha sebagai referensi berkunjung.









0 komentar:

Post a Comment