Sunday, February 5, 2017

KAMPOENG JAZZ BERSAMA SYAHARANI & QUEENFIREWORKS - ESQI EF

Saira Syaharani Ibrahim atau yang lebih dikenal dengan nama Syaharani adalah salah satu diva jazz indonesia yang lahir di Batu, Malang tahun 1971. Perempuan berdarah Bone, Sulawesi selatan ini sudah akrab dengan musik Jazz sejak kecil, namun dia baru menyanyi di kampus ataupun di pub pada tahun 1990. Ditahun yang sama album jazz pertama yang bertajuk "What a wonderful World" tercipta ketika Syaharani bertemu seorang musisi Jazz yang berasal dari Surabaya bernama Budi Chen, dan bersama beberapa rekan lainnya yaitu Benny Likumahuwa, Sutrisno, Cendy Luntungan, Oele Pattiselanno. Pada tahun 1999, Album solo jazz Syaharani pertama tercipta yang bertajuk "Love". Semakin memantapkan kualitas musik, pada tahun 2002, Syarani kembali mengeluarkan album kedua yang bertajuk "Magma". Syaharani menyebut album kedua ini psychedelic karena album ini tidak hanya bernuansa jazz, tetapi ada campuran fusion, ethnic, dan trip-hop. Album ketiga tahun 2004 yang bertajuh "Syaharani", Album ini berisi 10 lagu yang di aransement ulang, 9 lagu berbahasa inggris dan satu lagu berbahasa indonesia. Ditahun yang sama, Syaharani juga menggelar konsr tunggal pertama di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki. Konser yang bertajuk Cross Genre Music ini adalah gabungan beberapa genre musik seperti jazz mainstream, pop, dan progresif. Menariknya konser ini tidak dipungut biaya buat semua penonton yang hadir.
Pada tahun 2006, Syaharani berkolaborasi dengan Achmad Didit Fareed (mantan gitaris Plastic Band), dan Dony Suhendra (Mantan Gitaris Krakatau Band). Kolaborasi ini dinamakan Syaharani and Queenfireworks yang sudah mengeluarkan album pertama yang bertajuk "Buat Kamu" genre musik yang diusung pun berfariasi seperti pop jazz, rock 'n roll, blues, soul, disco, dan tekno.
Syaharani and Queenfireworks atau sering disebut ESQI:EF adalah singkatan dari hufuf S, Q, dan F (Syaharani and Queenfireworks). Band ini juga pernah memeriahkan acara International kampoeng jazz yang mrupakan acara tahunan yang diadakan oleh fakultas hukum kampus UNPAD Bandung. Dalam pagelaran kampoeng jazz ini, Syaharani and Queenfireworks menyuguhkan beberapa lagu hits syaharani dan juga lagu-lagu di album Syaharani and Queenfireworks sendiri untuk menghibur semua penggemar musik jazz yang hadir pada saat itu.
Buat teman-teman pencinta fotografi khususnya Stage photography, acara kampoeng jazz ini merupakan salah satu rekomendasi karena lighting yang ditampilan sangatlah memukau
Berikut beberpa foto dan video yang sempat saya abadikan ketika Syaharani and Queenfireworks sedang manggung.

















VIDEO




0 komentar:

Post a Comment